Laman

Rabu, 20 Agustus 2014

Kuliner Khas Malang

1. Bakso

Siapa yang tak mengenal nama makanan ini ? dan jika kita berbicara soal bakso tak terlepas dari kota Malang. Ya, memang bakso adalah makanan khas kota Malang. Berbahan dasar daging sapi dan tepung ini berbentuk bulat dan berkuah. tapi di malang pun sudah banyak inovasi dari bakso, yaitu bakso bakar, bakso kotak, bakso isi berbagai macam rasa, dan ada juga yang memodifikasi bahan dasar daging sapi dengn daging ayam (rasanya pun tak kalah enak dan lebih lembut, harganya pun otomatis lebih murah).
2. Rawon

Rawon adalah menu makanan berkuah, terdiri dari daging sapi dan taoge. Bumbu kuah ini sangat khas warna dan rasanya karena menggunakan bumbu kluwek.






3. Tempe

Berbahan dasar kacang kedelai yang difermentasi. Jika kita berkunjung ke kota malang tak sah bila tak membeli camilan keripik tempe. Renyah garing dan enak :) ada juga inovasi lain dari tempe, yaitu brownies tempe.

4. Mendol
Ini adalah salah satu lauk khas yang berbahan dasar dari tempe. Mendol biasanya disajikan bersama pecel, atau sego empok (nasi jagung). Jika anda ingin membuatnya di rumah perhatikan resep berikut :

Bahan :
150 gr tempe, dihaluskan
1 btr telur

Bumbu :
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabe rawit (sesuai selera)
Merica secukupnya
2 cm kencur
3 daun jeruk kering
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Tempe dihaluskan.
2. Bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kencur daun jeruk kering dihaluskan.
3. Campur tempe dan bumbu yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan garam secukupnya.
4. Kocok lepas telur dan campurkan.

Sumber Gambar (berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar